Penjabaran Program Quick Wins Polda Kalbar

Program Quick Wins POLRI adalah suatu program unggulan POLRI dalam rangka meraih keberhasilan segera ( QTAP : Quick, Transparan, Akuntabel, dan Profesional ) dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan kemitraan terhadap public / masyarakat kepada instansi POLRI, dalam waktu yang cepat. Adapun sasaran yang ingin dicapai dari program tersebut adalah untuk merubah pola maupun perilaku dan budaya kerja para anggota POLRI dan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan profesional POLRI dalam memberikan pelayanan terhadap masyararakat termasuk juga sekaligus untuk mengoptimalkan efektifitas pola manajemen dilingkungan organisasi POLRI.
Adapun alasan dari dipilihnya Program Quick Wins tersebut bahwa program ini akan dapat dan mudah untuk dilaksanakan, kemudian diharapkan dengan program ini masyarakat akan dapat secara langsung merasakan pelayanan yang diberikan oleh anggota POLRI, baik dalam bentuk-bentuk pelayanan yang bersifat operasional maupun bentuk pelayanan POLRI lainnya yang berada pada masing-masing unit pelayanan yang sudah tersedia. Disamping itu juga telah dilakukan beberapa tinjauan maupun analisa dengan melibatkan berbagai elemen baik dilingkungan internal POLRI ataupun didapat dari berbagai sumbangan dan pemikiran diluar POLRI (stake holder), dan juga diperoleh dari para pemerhati di bidang Kepolisian maupun para senior dan pensiunan POLRI serta pihak lainnya, yang diharapkan program ini benar-benar dapat menghasikan kinerja dari anggota POLRI yang optimal dan professional terhadap program POLRI yang telah disusun.
Kebijakan Reformasi Polri dengan sasaran pada aspek struktural, instrumental dan kultural yang telah dilakukan sejak tahun 1998, telah berhasil mewujudkan kepolisian mandiri yang secara struktural berada di bawah presiden dengan posisi yang demikian ini diharapkan polri akan dapat membangun kultur kepolisian modern yang bertanggung jawab kepada publik sebagai pemangku kepentingan (stake holder) namun dari ketiga aspek tersebut, sampai saat ini upaya pembenahan dalam aspek kultural berjalan sesuai harapan yang mana transformasi polri harus berorientasi pada penerapan asas akuntabilitas dan transparansi sehinga Reformasi kultural dapat semaksimal mungkin berjalan secara efektif dalam tubuh polri, sehingga perlu adanya upaya percepatan (akselerasi) dalam pembenahan kultur polri. Upaya percepatan tersebut dilakukan dengan program akselerasi transformasi polri yang meliputi 3 program akselerasi utama  yaitu keberlanjutan program, peningkatan kualitas kinerja dan komitmen terhadap organisasi.
Ketiga Program Akselerasi utama tersebut selanjutnya ditindak lanjuti dengan adanya Program Unggulan Quick Wins yang merupakan Program Akselerasi dan Transformasi Polri dalam rangka membenahi Polri sesuai dengan tugas pokok, peran, dan fungsinya. Polri menetapkan Grand Strategi Polri 2005-2025 yang terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu 2005-2010 trust building, 2010-2015 partnership building, dan 2015-2015 strieve for excellence. Sejalan dengan sudah habisnya waktu pelaksanaan tahap pertama menuju tahap kedua, Polri berupaya untuk mempercepat pencapaiannya melalui Program Akselerasi dan Transformasi Polri mulai dari keberlanjutan program, peningkatan kualitas kerja dan komitmen terhadap organisasi dalam upaya membangun Polri yang mandiri, professional, dan dipercaya masyarakat.
Dalam pelaksanaan program Quick Wins sejalan dengan Grand Strategi Polri yang telah ditetapkan pada tahap I (2005 – 2009) adalah Membangun Kepercayaan (Trust Building) serta dalam rangka Reformasi Birokrasi di lingkungan Polri dan merupakan produk utama tugas pokok Polri yang mempunyai daya ungkit yang kuat (key leverage) serta hasilnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat yang mana pada Tahun 2009 Polri Melaksanakan 4 (empat) Program Unggulan antara lain Quick Respons Samapta, Transparansi Pelayanan SIM, STNK, BPKB (SSB), Transparansi Penyidikan melalui Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), dan Trasparansi Rekruitmen Polri dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan kecintaan masyarakat kepada Polri dalam waktu cepat dengan sasaran merubah pola pikir dan budaya kerja serta manajemen Polri.
Berdasarkan strategi membangun kemitraan dalam mewujudkan keamanan dalam negeri dan petunjuk serta arahan Kapolri pada Rapim Polri tahun 2010 pada tanggal 8 s/d 9 Pebruari 2010 di Jakarta bahwa dalam pelaksanaan Program Quick Wins, Polri melaksanakan 21 program pembinaan maupun Operasional dengan tujuan yang akan dicapai  adalah  Menggelar pelayanan masyarakat sampai komunitas – komunitas terkecil didukung kualitas pelayanan internal yang lengkap dan kokohnya landasan hukum untuk kinerja Polri yang sesuai dengan arah kebijakan Strategis Polri ditahun 2010.

Rujukan / Dasar :

  1. Keputusan Kapolri No. Pol : Kep / 37 / X / 2008 tanggal 27 Oktober 2008 tentang Program Akselerasi Transformasi Polri menuju Polri yang mandiri, profesional dan dipercaya masyarakat.
  2. Surat Telegram Kapolri  No. Pol : STR / 30 / I / 2009 tanggal 16 Januari 2009 tentang Empat Program Quick Wins   ( Keberhasilan segera ) Polri.
  3. Surat Telegram Kapolri  No. Pol : STR / 112 / II / 2009 tanggal 16 Pebruari 2009 tentang tindak lanjut Quick Wins Program Reformasi Birokrasi Polri.
  4. Surat Perintah Kapolda Kalbar No. Pol : Sprin / 127   / II / 2009 tanggal Februari  2009 perihal perintah pelaksanaan program Unggulan Polri Bidang Transparansi pelayanan dalam rangka Quick Wins.
  5. Surat Perintah Kapolda Kalbar No. Pol : Sprin / 154 / III / 2009 tanggal 20 Maret 2009 tentang tindak lanjut Quick Wins Program Reformasi Birokrasi Polri di Polda Kalbar.
  6. Surat Perintah Kapolda Kalbar No. Pol : Sprin / 300 / III / 2009 tanggal 29 Maret 2009 tentang Tim Pengawasan dan tindak lanjut Program Quick Wins di jajaran Polda Kalbar.
  7. Surat Kapolda Kalbar Nomor : B / 617 / III / 2010 tanggal 12 maret  2010 tentang Tindak Lanjut Laporan Quick Wins bulan Maret 2010.
  8. Surat perintah Kapolda Kalbar nomor Sprin / 267 / III / 2010 tanggal 12 Maret 2010 tentang pelaksanaan Supervisi Penggiat Lapangan dan Pengawasan Pelaksanaan Quick Wins  di Jajaran Polda Kalbar.
  9. Surat Perintah Kapolri Nomor : Sprin / 894 / V / 2010 tanggal 21 Mei 2010 tentang Pelaksanaan Tugas sebagai Anggota Tim Pokja Reformasi Birokrasi Polri.
  10. Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/2312/VIII/2010 tanggal 18 Agustus 2010 tentang Laporan Program Quick Wins.
  11. Arahan Kapolda Kalbar tanggal 2 September 2010 pukul 09.00 Wib tentang Kebijakan Kapolda Kalbar kepada para Pamen dan PNS Polri Polda Kalbar.
  12. Surat Telegram Rahasia Kapolda Kalbar Nomor : STR/585/IX/2010 tanggal 16 September 2010 tentang Perintah untuk mengirimkan Informasi dan Permasalahan yang disampaikan dari Masyarakat melalui SMS.
  13. surat Perintah Kapolda Kalbar Nomor : Sprin/1076/IX/2010 tanggal 21 September 2010 tentang Pelaksanaan Tugas untuk Kompulir Laporan Informasi/Permasalahan yang disampaikan Masyarakat melalui HP/SMS.

Dari beberapa penelitian dan pengkajian serta upaya yang sudah dilakukan TIM REFORMASI BIROKRASI POLRI bahwa pelaksanaan Program Quick Wins mulai bulan Juli 2010 telah ditetapkan menjadi 11 (sebelas) program yang dilaksanakan oleh 7 (tujuh) fungsi yaitu :

  1. Fungsi Samapta melaksanakan Program Quick Respons;
  2. Fungsi Lantas melaksanakan Program Transparansi Pelayanan SIM, STNK, dan  BPKB (SSB);
  3. Fungsi Reskrim melaksanakan Program  Transparansi Pelayanan Penyidikan, Penanggulangan Teror, dan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP);
  4. Fungsi Biro Personel melaksanakan Program Transparansi Recruitment Anggota Polri;
  5. Fungsi Intelkam melaksanakan Program Pelayanan Pemberian Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
  6. Fungsi Brimob melaksanakan Program Brimob Nusantara;
  7. Fungsi Bimmas Melaksanakan Program Polmas Desa, FKM, dan BKPM.

Untuk mewujudkan keberhasilan cita-cita Polri disamping memerlukan dukungan dan kepercayaan dari masyarakat luas juga dilakukan proses pembenahan dalam diri internal Polri untuk berubah kearah yang lebih baik.

Dalam hal ini Polda Kalbar beserta jajarannya berusaha Melakukan perubahan dalam paradigma berfikir, sikap, mental dari seluruh anggota Polri untuk mewujudkan dan memberikan pelayanan publik kepada masyarakat serta meningkatkan kualitas layanan masyarakat, sehingga Kebijakan Pimpinan Polri dibidang REFORMASI BIROKRASI POLRI Khusunya Program Quick Wins dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri menjadi semakin baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s